Sambut Hari Ibu, YKI Gandeng BPD Bali Gelar PapSmear Gratis : Sinergitas Wujudkan Masyarakat Badung yang Sehat - Warta Bali ku

Rabu, 25 Desember 2013

Sambut Hari Ibu, YKI Gandeng BPD Bali Gelar PapSmear Gratis : Sinergitas Wujudkan Masyarakat Badung yang Sehat

Sambut Hari Ibu, YKI Gandeng BPD Bali Gelar PapSmear Gratis
Mangupura (Metrobali.com)-
            Guna mendukung program dan kebijakan pemerintah Kabupaten Badung dalam mewujudkan masyarakat Badung yang sehat terutama dalam penanggulangan penyakit kangker servick, Yayasan Kangker indonesia cabang Badung senantiasa membangun sinergi dengan berbagai komponen stakeholders pembangunan termasuk dengan PT .Bank Pembangunan Bali dalam upaya nyata penanggulangan dan pencegahan penyakit kangker di Kabupaten Badung. pada selasa (24/12) lalu, ketua YKI Kabupaten Badung Nyonya Ratna Gde Agung mengungkapkan bahwa dalam rangka memperingati hari IBu ke 85 tahun 2013 YKI bekerja sama dengan BPD Bali, Ikatan Bidan Indonesia serta pemangku kepentingan lainnya termasuk gerakan PKK sekabupaten badung menggelar sosialisasi serta pelayanan pap smear secara gratis bagi masyarakat Kabupaten Badung.
Ratna Gde Agung menegaskan bahwa sejak 13 Desember lalu YKI bersama tim medis dan para medis yang tergabung dalam YKI Badung bekerja sama dengan BPD Bali serta puskesmas di Kabupaten Badung memberikan pelayanan pap smear secara gratis dengan menyasar sedikitnya 300 ibu -ibu di wilayah pedesaan di Badung.
“Melalui penanganan pap smear secara rutin ini diharapkan kita dapat melakukan upaya pencegahan secara dini terhadap potensi berkembangnya penyakit kangker serviks sehingga mendapat penanganan secara tepat. Dalam pemeriksaan papsmear  secara rutin ini, merupakan salah satu upaya untuk mengetahui adanya kemungkinan penyakit kangker ini pada ibu ibu yang telah  berkeluarga. Oleh karenanya pihaknya berharap ibu ibu dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin,” tegasnya.
lebih lanjut Ratna Gde Agung didampingi perwakilan BPD Bali Cabang Mangupura I Gusti Ngurah Putra, Kades Baha Putu Sentana serta dr Mulyana disaat sosialisasi Pencegahan penyakit Kanker di desa baha kecamatan mengwi  mengungkapkan bahwa pap smear amat penting bagi Ibu-Ibu yang sudah berkeluarga, perlu dilakukan setiap 6 bulan sekali, mudah mudahan tidak ditemukan hal hal yang tidak diinginkan.
Dikatakan, saat ini cukup banyak ibu ibu yang mengalami kanker servick, yang memperihatinkan baru diketahui  justru pada saat sudah stadium lanjut. saat ini YKI bersam pemkab badung telah melaksanakan layanan vaksin kepada anak anak SMA dan pegawai golongan I dan II. Diharapkan semua ibu ibu dapat mengikuti sosialisasi serta pap smear secara rutin 6 bulan sekali.
” Mari kita lakukan pemeriksaan secvara rutin sehingga secara dini dapat diketahui penyakit kanker servik, potensinya 2 sam pai 3 dari 100  orang wanita berpotensi terjadi penyakit ini. Sehat ini penting, maka perhatikanlah kesehatan ini walaupun usia sudah lanjut, pintanya.
sementara itu dr Mulyana yang juga pengurus YKI Badung didampingi  perwakilan Bank BPD Bali Cabang Mangupura I Gusti Ngurah Supardi menjelaskan bahwa  dalam rangka pelayanan Pap Smear secara gratis ini akan disasar sedikitnya 300 orang ibu-ibu di kabupaten Badung.
Dikatakannya bahwa sejak program kerjasama dengan BPD Bali ini dalam rangka menyambut hari Ibu telah dilaksanakan sejak tanggal 13 desember 2013 lalu hingga saat ini sudah terlayani sebanyak 250 orang Ibu-Ibu. dalam penanganan pelayanan Pap Smear ini menurut Dr Mulyana dilibatkan anggota YKI serta dukungan medis dan para medis dengan bersinergi dengan PKK, Puskesmas setempat” ujarnya.TAR-MB
 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda